Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pati Wetan 01. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas V yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan mempelajari dasar-dasar pecahan. Kesulitan pembelajaran matematika bagi siswa meliputi pemahaman konsep, tantangan dalam berhitung, dan tantangan dalam memahami makna soal dan penjelasan. Kesimpulannya, faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa adalah faktor internal dan eksternal. Rekomendasi untuk menangani kesulitan tersebut meliputi pendidikan khusus, dukungan pengajaran dalam kelompok, dan penggunaan strategi pembelajaran baru dan kreatif seperti penguatan kondisional, penghargaan, dan motivasi.
Copyrights © 2024