Journal of Law, Education and Business
Vol 2, No 1 (2024): April 2024

Permainan Tradisional Egrang pada Pembelajaran PJOK SD Kelas 1

Sungkari, Fesa Mardian (Unknown)
Santi, Eva Vera (Unknown)
Fauziah, Muhardila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi permainan tradisional egrang pada pembelajaran PJOK SD Kelas 1. Permainan tradisional egrang adalah permainan tradisional yang masih digemari saat ini oleh anak-anak. Permainan egrang menggunakan sepasang bambu untuk berjalan. Manfaat dari permainan egrang untuk mengembangkan dan mengontrol motorik anak. Selain itu, permainan egrang dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai, kaki, abdomen, lengan, tangan dapat melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrument penelitian yaitu tes bermain egrang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan, bahwa tingkat Keterampilan Latihan Egrang Siswa Putra Dan Putri Kelas 1. Berdasarkan Kemampuan Keseimbangan Koordinasi Mata Tangan Dan Koordinasi Mata Kaki pada siswa Kelas 1 berada pada kategori “Baik”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jleb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. ...