Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Team assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi keterampilan bola voli pada siswa kelas XI SMK Migas Teknologi Riau Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK (penelitian tindakan kelas). Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian gerak dasar bola voli. Subyek penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas XI 4b SMK Migas Teknologi Riau Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Analisis data menggunakan teknik statistic deskriptif berbentuk persentase. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar bola voli. Ini ditandai dengan meningkatnya hasil gerak dasar siswa. Pada pelaksanaan Prasiklus hanya sebanyak 6 siswa (30%) mendapatkan nilai melebihi KKM atau tuntas sedangkan yang kurang dari KKM sebanyak 14 siswa (70%). Pada siklus I meningkat sebanyak 13 siswa (65%) mendapatkan nilai melebihi KKM sedangkan yang tidak melebihi KKM sebanyak 7 siswa (35%). Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu sebanyak 17 siswa (85%) mendapatkan nilai melebihi KKM sedangkan yang tidak melebihi KKM sebanyak 3 siswa (15%). Berdasarkan dari analisa data yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individuallization dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola voli pada siswa keas XI SMK Migas Teknologi Riau Pekanbaru.
Copyrights © 2024