Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan School Well-Being dan Self-Esteem dalam keberhasilan nilai belajar siswa. School well-being adalah persepsi individu terhadap keadaan tempat ia belajar. Menurut Konu dan Rimpela (2002), situasi sekolah yang baik dan sehat akan memunculkan dan membentuk sikap sikap positif setiap siswa yang berkaitan dengan sekolah dan self-esteem menurut Coopersmith (1967) yaitu evaluasi terhadap individu dan berhubungan dengan penghargaan yang diraih oleh dirinya sendiri, ini dapat mengekspresikan sikap setuju dan tidak setuju dan juga menunjukan dimana individu mampu meyakinkan diri sendiri, penting, berhasil, dan berharga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental, yaitu pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dan secara online. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 212 orang. Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur yaitu School Well-Being dari Konu dan Rimpela sedangkan Self-Esteem menggunakan Rosenberg Self-Esteem scale. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara School Well-Being dan Self-Esteem.
Copyrights © 2024