Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 9 No 22 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Peningkatan Digitalisasi Marketing Guna Perluasan Pasar Pada UMKM “Fahmi Jaya Kue” di Kelurahan Plosokerep

Ummah, Wakhidatul (Unknown)
Agyani, Geanabella Bahrossafa (Unknown)
Prathama, Ananta (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Pengaruh pesatnya perkembangan media sosial telah memberikan dampak signifikan pada pola kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu sektor yang terdampak secara besar adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah. Sebagai UMKM yang bergerak di bidang pembuatan kue, "Fahmi Jaya Kue" dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat di era digitalisasi ini. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dan pemasaran digital menjadi penting untuk mengembangkan bisnis mereka. UMKM "Fahmi Jaya Kue" masih tergolong belum maksimal dalam memanfaatkan pemasaran digital untuk memperluas pasar. Selain itu, Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kehadiran digital UMKM "Fahmi Jaya Kue", meningkatkan penjualan, serta memperluas pangsa pasar mereka. Rekomendasi strategi yang efektif meliputi pengembangan situs web resmi yang informatif dan responsif, penggunaan media sosial melalui Instagram, serta pembuatan akun Shopee untuk membangun brand awareness dan interaksi dengan pelanggan, serta pelaksanaan program loyalitas pelanggan melalui email marketing dan promosi khusus. Rekomendasi ini memberikan wawasan bagi UMKM sejenis untuk pertumbuhan bisnis mereka di era persaingan yang kompetitif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...