Metode Al-Jabari adalah metode pengenalan huruf hijaiyah dengan menyanyikan shalawat, lagu dan titian ingatan. Dinamis dan memberi semangat dengan gerakan-gerakan yang kreatif. Ciri khas metode Al-Jabari menggunakan titian ingatan dengan irama sholawat badar, dan diajarkan dengan bantuan alat peraga. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode Al-Jabari mempunyai dampak baik terhadap kemampuan mengenal huruf hijiayah anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di RA Nihayatul Amal. Desain penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest. Hasil perhitungan menunjukkan adanya korelasi antara variabel x dan y sebesar 0,907 yang berarti > α (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari metode Al-Jabari terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di RA Nihayatul Amal Purwasari
Copyrights © 2024