Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Falah di Panyabungan Barat dalam mengembangkan kecerdasan moral anak usia dini. Kecerdasan moral merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak yang tidak hanya mencakup pemahaman etika dan nilai, namun juga kemampuannya dalam mengambil keputusan moral yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen terkait kurikulum dan materi pembelajaran. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa strategi yang digunakan guru PAUD Nurul Falah untuk mengembangkan kecerdasan moral anak, antara lain Model Perilaku, Cerita Moral, Diskusi Kelompok, Kegiatan Kolaboratif dan Penguatan Positif: Penggunaan penguatan positif seperti pujian dan penghargaan untuk mendukung perilaku moral yang diinginkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023