Pada jasa layanan pengiriman paket, saat ini PT. Pos Indonesia Bandung ingin menawarkan layanan baru yaitu menggunakan kemasan logistik dari PT. Pos Indonesia Bandung untuk pengiriman produk konsumen. Dengan menggunakan kemasan yang tepat, PT. Pos Indonesia Bandung berharap dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik terhadap konsumennya dengan memberikan kualitas kemasan logistik yang tepat agar dapat menjaga kualitas produk yang dikirim sampai ke tangan konsumen. Kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan. Untuk menjawab rumusan masalah akan digunakan metode Quality Function Development (QFD) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Kemasan logistik PT. Pos Indonesia Bandung yaitu ada sepuluh atribut dan dapat dilihat pada kuadran ke-1. Kemudian, ada lima atribut yang menjadi prioritas dalam perbaikan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan konsumen terdapat pada kuadran ke-4 pada diagram kartesius Metode Importance Performance Analysis (IPA). Sedangkan pada Metode Quality Function Development (QFD) yang memiliki nilai paling tinggi untuk menjadi prioritas utama dalam perbaikan kualitas produk adalah pada atribut Daya Tahan yaitu “Kemasan logistik PT. Pos Indonesia Bandung melindungi produk dari hujan dan debu”. Upaya yang dilakukan PT. Pos Indonesia Bandung untuk meningkatkan kepuasan konsumen yaitu membuat SOP (Standar Operasional Prosedur), Perusahaan akan mengevaluasi pada saat pekerja melakukan penanganan produk yang dikirimkan menggunakan Kemasan logistik PT. Pos Indonesia Bandung, dan Perusahaan akan mengalokasikan sumber daya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024