Keputusan pembelian merupakan upaya pemenuhan suatu keinginan atau sesuatu yang memadahi. Pada dasarnya, keputusan pembelian itu sebagai keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dipakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tangkap, jaminan, dan empati) terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Suka-Suka Kota Kalabahi. Sampel diambil menggunakan aksidental sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan pada saat penelitian, yaitu konsumen yang bertemu dengan peneliti dilokasi penelitian dan bersedia menjadi sampel atau responden. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Metode yang digumakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t atau secara parsial dan uji f atau uji simultan. Hasil penelitian secara parsial dinilai probabilitas variabel bukti fisik 0,295, kehandalan 0,049, daya tanggap 0,010, jaminan 0, 698 dan empati 0, 122 hasl uji simultan atau uji f memiliki nilai signifikan sebesar 0, 000a. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada uji parsial (uji t), variabel kehandalan dan daya tanggap berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel bukti fisik, jaminan dan empati tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Toko Suka-Suka Kalabahi Alor. Berdasarkan uji simultan, variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap keputusan konsumen di Toko Suka-Suka Kalabahi Alor.
Copyrights © 2023