Rumah sakit sebagai sarana layanan kesehatan tidak luput dari persaingan dalam sektor kesehatan. Untuk memenangkan persaingan bisnis perumahsakitan, setiap rumah sakit harus memiliki kualitas yang tinggi dan merek yang kuat. Brand equity atau ekuitas merek merupakan penanda kekuatan merek suatu produk atau layanan. Elemen ekuitas merek terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Salah satu tanda rumah sakit memiliki ekuitas merek yang rendah adalah penurunan jumlah pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kekuatan merek dan pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap kekuatan merek RSIA Widaningsih. Penelitian ini menggunakan teknik consecutive sampling dengan sampel sebanyak 55 orang. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik, menggunakan instrumen penelitian kuesioner dan wawancara. Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan linearitas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh elemen brand equity baik parsial dan bersama-sama terhadap brand equity RSIA Widaningsih dengan besar pengaruh 64,9%, dengan elemen yang paling berpengaruh dan signifikan adalah brand loyalty.
Copyrights © 2024