Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan di destinasi wisata Goa Jeruk desa Kebonagung Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara offline dan online menggunakan google form. Sampel dalam penelitian ini yaitu pengunjung destinasi wisata Goa Jeruk Kabupaten Sumenep. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kontribusi variabel Kualitas Layanan (X1), dan Fasilitas Pariwisata (X2) terhadap variabel Kepuasan Wisatawan (Y) sebesar 46,5%, sedangkan sisanya sebesar 53,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian tersebut. Perpaduan antara fasilitas yang memadai dan baiknya kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada pengunjung maka dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Terbentuknya kepuasan wisatawan mampu menimbulkan perasaan minat untuk berkunjung kembali ke destinasi Wisata Gua Jeruk di lain waktu.
Copyrights © 2024