Dalam isu global, perdagangan manusia merupakan kejahatan transnasional yang banyaknya terjadi pada perempuan dan anak-anak. Oknum Perdagangan manusia selalu mengikuti trend yang ada mulai dari online scam, admin judi online dan sebagainya. International Organization for Migration merupakan organisasi internasional yang membantu dan bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini, membuat kampanye “Anti-Perdagangan Orang” untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat perdagangan manusia. Kampanye Anti-Perdagangan Orang dilakukan oleh KEMENPPPA dan IOM dengan tujuan untuk melindungi korban ketika sudah melaporkan kepada Lembaga yang berwenang, serta menyelamatkan korban yang masih belum bisa keluar dari kejadian yang masih dialaminya. Hal-hal yang dilakukan oleh IOM dan KEMENPPPA sudah tercantum didalam Gugus Tugas dan Perpres 19 Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan konsep elemen-elemen kampanye perubahan sosial menurut Kotler dan Roberto. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari lima elemen perubahan sosial yang peneliti gunakan terdapat aspek terkuat yaitu agen perubahan dan terlemahnya adalah target adopters.
Copyrights © 2024