Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 15 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Strategi Implementasi Kebijakan Penguatan Karakter: Studi Kasus di Jenjang SMP Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Andreas Yoga Aditama (Unknown)
Hamka Hamka (Unknown)
Asropi Asropi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Laporan Pendidikan tahun 2022 menunjukkan 20% kabupaten dan kota di Indonesia memiliki tingkat pencapaian kebijakan penguatan karakter yang rendah jika mengacu pada indeks karakter siswa SMP. Salah satunya adalah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam implementasi penguatan karakter pada tingkat SMP di Kabupaten Lebak dengan menggunakan model implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn serta menyusun strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif sekuensial dengan subjek penelitian adalah pemangku kepentingan pendidikan pada tingkat SMP di Kabupaten Lebak. Hasil penelitian menunjukkan permasalahan yaitu belum adanya dasar kebijakan penguatan karakter di pemerintah daerah, pemahaman guru terhadap Profil Siswa Pancasila belum merata, rendahnya partisipasi orang tua, dan belum adanya keterlibatan masyarakat. Penguatan karakter tidak dapat terjadi dengan partisipasi yang efektif tanpa seluruh pemangku kepentingan bekerja sama secara aktif. Oleh karena itu, pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, orang tua, serta melibatkan mitra pendidikan perlu memainkan perannya dengan baik dan berkolaborasi dalam penguatan karakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...