Pendidikan anak pada usia dini merupakan upaya fokus pada anak-anak berusia 0-6 tahun dengan tujuan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan mereka secara penuh dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang dan motivasi orang tua, serta mentipologikan pandangan orangtua dalam menyekolahkan anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Banyak pro dan kontra dalam memasukkan anak usia dini ke sekolah jenjang PAUD. Orangtua yang pro berpendapat banyak manfaat yang didapatkan anak jika di sekolah, anak dapat bersosialisasi dengan teman-temannya, bisa belajar dengan bermain, bisa mandiri, dan dapat menstimulus aspek-aspek perkrembangan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana subjek penelitiannya adalah orangtua yang menyekolahkan anaknya di playgoup rumah bermain berjumlah 39 orang. Data penelitian dihimpun dengan cara observasi partisipan, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian diperoleh bahwa orangtua memiliki persepsi yang berbeda beda mengenai pendidikan anak diusia dini namun secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa persepsi orang tua sudah cukup baik.
Copyrights © 2024