Dalam maraknya krisis ekonomi dan teknologi yang berkembang pesat saat ini memberikan peluang besar kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai alat untuk perekonomian di Indonesia. Banyak pelaku usaha yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi terutama dalam pemanfaatan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu kegiatan promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan usaha dan strategi pemasaran dalam memperluas jangkauan pasar. Peran media sosial sebagai platform utama media promosi pemasaran produk UMKM merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh pelaku usaha, karena media sosial sebagai wadah media pemasaran produk dengan biaya yang relatif rendah dan mudah. Tujuan dari bina desa atau pengabdian masyarakat ini, yaitu memberikan edukasi berupa pendampingan dan pelatihan dalam menggunakan aplikasi media sosial, yaitu Instagram dan Facebook. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melakukan survei kepada UMKM yang terkait dimulai dari perencanaan, wawancara, dan focus group discussion dengan tim serta pelaku UMKM kemudian melakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan akun media sosial. Hasil dari tahapan dalam kegiatan ini adalah pendampingan, pelatihan, dan pemberian akun media sosial untuk meningkatkan jumlah penjualan produk yang diciptakan oleh pelaku usaha.
Copyrights © 2024