Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 18 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Peran Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Arjuna’s Cake

Putri, Brilivena Clarissa Aurora (Unknown)
Purwanto, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Dalam maraknya krisis ekonomi dan teknologi yang berkembang pesat saat ini memberikan peluang besar kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai alat untuk perekonomian di Indonesia. Banyak pelaku usaha yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi terutama dalam pemanfaatan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu kegiatan promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan usaha dan strategi pemasaran dalam memperluas jangkauan pasar. Peran media sosial sebagai platform utama media promosi pemasaran produk UMKM merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh pelaku usaha, karena media sosial sebagai wadah media pemasaran produk dengan biaya yang relatif rendah dan mudah. Tujuan dari bina desa atau pengabdian masyarakat ini, yaitu memberikan edukasi berupa pendampingan dan pelatihan dalam menggunakan aplikasi media sosial, yaitu Instagram dan Facebook. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melakukan survei kepada UMKM yang terkait dimulai dari perencanaan, wawancara, dan focus group discussion dengan tim serta pelaku UMKM kemudian melakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan akun media sosial. Hasil dari tahapan dalam kegiatan ini adalah pendampingan, pelatihan, dan pemberian akun media sosial untuk meningkatkan jumlah penjualan produk yang diciptakan oleh pelaku usaha.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...