Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melakukan pelatihan digitalisasi bisnis pada pemilik UMKM yang berada di Kelurahan Kalirungkut, Surabaya. Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha minuman herbal. UMKM tersebut sudah berdiri sejak 2 tahun yang lalu, tetapi kegiatan pemasarannya yang masih minim dan kurang terjangkau oleh banyak orang. Untuk itu UMKM tersebut perlu kami berikan pelatihan dan pendampingan akan pentingnya pemanfaatan digital marketing agar system pemasarannya cukup baik dan dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat meningkatkan tingkat penjualannya lebih baik lagi. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam memasarkan produk jualan UMKM dengan memanfaatkan media internet sebagai tempat pemasaran bisnis atau produk yang dijualnya. Dengan ini, diharapkan terbentuknya pemahaman akan pentingnya keberadaan dan perkembangan teknologi digital marketing dalam pemasaran penjualan di UMKM Kelurahan Kalirungkut, Surabaya. Penelitian ini juga membahas tentang tantangan yang mungkin akan dihadapi UMKM dalam mengadopsi strategi pemasaran digital dan menyajikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas digital marketing dalam UMKM.
Copyrights © 2024