Setiap masyarakat memiliki hak untuk memperoleh kesejahteraan dalam menjalani kehidupan di suatu negara. Untuk memenuhi hak tersebut, diperlukan peran pemerintah untuk memberikan pelayanan yang berkualitas secara efektif dan efisien. Pelayanan publik dalam bidang adminduk merupakan pelayanan yang krusial. Surabaya sebagai kota terbesar kedua dengan populasi penduduk yang cukup padat, menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Surabaya untuk mengatasi beberapa permasalahan administrasi kependudukan di Kota Surabaya. Berbagai program inovasi terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan adminduk. Jebol Anduk merupakan salah satu bentuk program inovasi yang diterapkan di seluruh Kelurahan di Kota Surabaya untuk menjawab persoalan ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program Jebol Anduk sebagai inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Kelurahan Kedung Baruk Kota Surabaya melalui 4 variabel dari Teori Implementasi Kebijakan oleh Edward III yakni: 1. Komunikasi, 2. Sumber Daya, 3. Struktur Birokrasi, 4. Disposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Jebol Anduk (Jemput Bola Administrasi Kependudukan) di Kelurahan Kedung Baruk Kota Surabaya sudah dilaksanakan dengan baik. Program Jebol Anduk juga membantu warga Kelurahan Kedung Baruk yang memiliki keterbatasan waktu serta pengetahuan terkait kepengurusan dokumen kependudukan.
Copyrights © 2024