Kurikulum OBE merupakan salah satu indikator dalam penilaian akreditasi Program Studi (Prodi) baik akreditasi nasional maupun internasional. Pelaksanaan kurikulum OBE pada Perguruan Tinggi melibatkan perancangan kurikulum, proses belajar mengajar dengan pendekatan student centered learning, dan penilaian capaian pembelajaran. Monitoring dan evaluasi dalam konteks Outcome-Based Education (OBE) memiliki tujuan untuk memastikan efektivitas implementasi sistem pendidikan. Selain itu, juga untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan berhasil dicapai; melibatkan penilaian metode pengajaran, keberhasilan strategi pembelajaran, dan penggunaan sumber daya pembelajaran; memberikan umpan balik yang berharga untuk melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran; memastikan konsistensi dalam penerapan kurikulum; membantu menilai kualitas instrumen penilaian, keadilan dalam penilaian, dan sejauh mana penilaian mencerminkan pencapaian tujuan pembelajaran; membantu mengukur sejauh mana siswa terlibat dalam pembelajaran dan apakah metode pengajaran mendorong keterlibatan aktif mahasiswa. Kata kunci: sistem, monitoring dan evaluasi, outcome based education, indikator, rubrik penilaian
Copyrights © 2024