cover
Contact Name
Widayat Widayat
Contact Email
widayat@live.undip.ac.id
Phone
+6281329163105
Journal Mail Official
pspi@live.undip.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto SH Tembalang Semarang 50275 Semarang Jawa Tengah Indonesia www. pspi.undip.ac.id; Email pspi@live.undip.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : 29858100     DOI : 10.14710/jpii.xxxx.xxxxx
Fokus dari JPII ini adalah mempublikasikan setiap artikel ilmiah dari dari para peneliti, insinyur, Insinyur Profesional. Artikel yang diterbitkan dapat berbentuk Artikel Riset, Artikel Review, Artikel dari Studi Kasus, Review Artikel baik Singkat maupun Lebar. Pekerjaan Keinsinyuran diantaranya dalam bidang keteknikan /rekayasa, pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan. Ruang lingkup dari jurnal ini adalah: - Teknik Industri yang meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik industri - Teknik Sipil dan Rekayasa Bangunan yang meliputi perairan, sungai dan bendungan - Teknik Informatika, Komputer dan Sistem Informasi - Rekayasa Sumber Daya Hayati yang meliput pertanian, peternakan dan perikanan
Articles 122 Documents
Konstruksi Pembangunan Jaringan Irigasi Studi Kasus Peningkatan Jaringan Irigasi DI Serayu Sistem Saluran Induk Sumpiuh Setyo Susmono; Suseno Darsono; Haryono Setyo Huboyo
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 4 (2023): JPII
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.19230

Abstract

Kebutuhan irigasi akan sangat mendukung rantai produksi tanaman dari mulai tumbuh sampai berproduksinya tanaman. Peningkatan Jaringan Irigasi adalah kegiatan perbaikan jaringan irigasi dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi guna meningkatkan fungsi dan pelayanan irigasi Ada 2 saluran induk yang ditingkatkan pada Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi DI. Serayu Sistem SI. Sumpiuh yaitu Saluran Induk sepanjang 28.15 Km, Saluran Sekunder sepanjang 64.63 Km. Saluran Tersier sepanjang 18.91 Km. Penelitian Karya Ilmiah ini membahas tentang bagaimana metode konstruksi yang tepat menyesuaikan kondisi lapangan. Metode pekerjaan yang digunakan adalah Pemasangan Panel Beton Precast (PBP), Pemasangan Panel Precast Fc’ 19.3 Mpa, Pelaksanaan U-ditch insitu Fc’ 14.5 Mpa dan Pemasangan U-ditch dengan troli langsir. Pemasalahan teknis pada proyek ini adalah keterbatasan lahan kerja Saluran Sekunder Nusalangse HM 13+20 sampai dengan HM 19+00. Keterbatasan ini menyebabkan tidak mungkin mendatangkan alat Hub Crane. Mengatasi permasalahan tersebut, lahir inovasi metode troli langsir. Hasil penelitian diketahui Troli langsir merupakan inovasi yang menjadi solusi atas permasalahan teknis yang ada di lapangan. Pada aspek teknik, aspek sosial dan aspek keuangan, inovasi troli langsir ini merupakan pemilihan yang paling tepat. Keunggulan inovasi troli langsir adalah memiliki harga satuan yang lebih ekonomis dari pada menggunakan alat Hub Crane dengan efisiensi sebesar 15.75 %. Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi DI. Serayu Sistem SI. Sumpiuh memiliki kendala dan masalah tersendiri yang berbeda dengan proyek lainnya yang sejenis. Kata kunci: Jaringan Irigasi, Troli Langsir, Inovasi ABSTRACT The water need for irrigation is very supportive of crop production chain from growing to producing crops. The improvement of irrigation network is the improvement of irrigation network by considering changes in environmental conditions of irrigation area to improve function and irrigation services. There are two upgraded master channels on the Irrigation Network Improvement project. Serayu system SI. Sumpiuh is a 28.15 Km long line, secondary channel for 64.63 Km. Tertiary channels of 18.91 Km. The scientific research work discusses how the proper construction methods adjust the condition of the field. The working method used is Precast concrete Panel installation (PBP), Installation Precast Panel Fc' 19.3 Mpa, U-ditch insitu implementation Fc ' 14.5 Mpa and U-ditch installation with curtain trolley. Technical allergy to this project is a limitation of the working Land of secondary Nusalangse channel HM 13 + 20 up to HM 19 + 00. This limitation causes it impossible to bring the tool Hub Crane. Addressing the problem, was born the method of curtain trolley. The research results of the curtain trolley is an innovation that is the solution to the technical problems that exist in the field. In the aspect of engineering, social aspects and financial aspects, this curtain trolley innovation is the most appropriate choice. The advantage of the curtain trolley innovation is to have a unit price that is more economical than using the Hub Crane tool with an efficiency of 15.75%. Irrigation Network Improvement Project Serayu system SI. Sumpiuh has its own constraints and problems that differ from other similar projects. Keywords: Irrigation Network, Curtain Trolley, Innovation
IDENTIFIKASI RISIKO PENERAPAN KONTRAK BERBASIS KINERJA PADA PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG Erasthus Jimmy Malelak; Bambang Sudarsono; Haryono Setyo Huboyo
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 1 (2022): JPII: Bidang Teknik Sipil
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2022.17196

Abstract

Sebagaimana dalam pemeliharaan jalan, penerapan kontrak berbasis kinerja telah dilakukan dengan berbagai kajian-kajian yang mendalam, baik itu kajian berupa identifikasi risiko ataupun analisa risiko dampak penerapan kontrak berbasis kinerja, sehingga kontrak berbasis kinerja ini telah diterapkan pada pekerjaan pemeliharaan jalan. Adapun sampai dengan saat ini, hampir banyak bangunan gedung belum mempunyai sistem pemeliharaan dan perawatan yang baik, jelas maupun terstruktur. Pada penelitian sebelumnya dalam pembahasan kajian penerapan kontrak berbasis kinerja pada bangunan gedung, telah mendapatkan suatu nilai efektivitas penerapan kontrak berbasis kinerja pada pemeliharaan bangunan gedung. Besaran nilai tersebut adalah 0.44% untuk pemeliharaan berkala, sedangkan pemeliharaan rutin sebesar 9.46% dari nilai total anggaran tahunan. Dengan nilai efektivitas ini maka kontrak berbasis kinerja sangat potensial untuk diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah sebelum melakukan analisa risiko maupun pengelolaan risiko, perlu suatu identifikasi risiko yang relevan, mengetahui nilai bobot pada elemen risikonya. Proses identifikasi risiko pemeliharaan bangunan gedung  ini memanfaatkan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai model sistem pendukung keputusan pada tingkat risikonya. Dalam AHP akan dilakukan hitungan eigen value dan uji konsistensi untuk probalilitas maupun dampak risiko, sehingga mendapatkan suatu nilai tingkat risikonya.  Kata kunci: KBK, Analytical Hierarchy Process (AHP), Risiko, SPK Abstract Risk Identification of Implementation Performance Based Contract in Building Maintenance. As in road maintenance, the implementation of performance-based contracts has been carried out with a variety of in-depth studies, both studies in the form of risk identification or risk analysis of the impact of the implementation of performance-based contracts, so that this performance-based contract has been applied to road maintenance work. Up to now, almost many buildings have not had a good, clear or structured maintenance and maintenance system. In previous studies in the study of the study of the application of performance-based contracts on buildings, it has gained a value of the effectiveness of the implementation of performance-based contracts on building maintenance. The value is 0.44% for periodic maintenance, while routine maintenance is 9.46% of the total annual budget. With this effectiveness value, the performance-based contract is very potential to be applied. The purpose of this study is that before conducting a risk analysis and risk management, it is necessary to identify relevant risks, find out the value of the weighting of the risk elements. The process of identifying building maintenance risks utilizes the Analytical Hierarchy Process (AHP) as a model of decision support systems at the risk level. In the AHP will be calculated eigen value and consistency test for probability and risk impact, so as to get a value of the risk level. Keywords: PBC, Analytical Hierarchy Process (AHP), Risk, Decision Support System
Analisa Komparasi Biaya dan Waktu pada Pembangunan Bendungan Leuwikeris Ciamis dengan Metode Slope Protection Dionisius Dicky Davidoff; H Hadiyanto; Sri Sumiyati
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 3 (2023): JPII: Bidang Teknik Sipil
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.17480

Abstract

Pekerjaan perlindungan lereng adalah salah satu pekerjaan yang umum ditemui dalam proyek konstruksi, terutama proyek-proyek infrastruktur, salah satunya adalah Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris, Ciamis, Jawa Barat. Pada proyek tersebut, pengamanan lereng dilakukan dengan menggunakan shotcrete, namun pada praktiknya, ada beberapa lereng yang terdiri dari tanah yang rawan longsor sehingga penggunaan shotcrete tidak dianjurkan. Pada akhirnya, digunakan lah metode Erotion Control, menggantikan metode shotcrete untuk perlindungan lereng pada lereng yang rawan longsor. Metode Erotion Control ini ternyata membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada shotcrete yaitu 228,21 m2/hari untuk erotion control dan 132,88 m2/hari untuk metode Shotcrete. Biaya untuk metode erotion control memang lebih besar daripada metode shotcrete, namun disisi lain, memberikan nilai keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan. Kata kunci: Perlindungan lereng, Bendungan Leuwikeris, Shotcrete, Erotion Control, Biaya Abstract [Cost and Time Comparative Analysis of  Construction of the Leuwikeris Ciamis Dam with Slope Protection Methods ] Slope protection work is one of the jobs commonly encountered in construction projects, especially infrastructure projects, one of which is the Leuwikeris Dam Development Project, Ciamis, West Java. In this project, slope protection was carried out using shotcrete, however in practice, there are several slopes consisting of lands that are prone to landslides so the use of shotcrete is not recommended. In the end, the Erotion Control method was used, replacing the shotcrete method for slope protection on landslide prone slopes. This Erotion Control method needs a shorter time than the shotcrete method, namely 228.21 m2/day for erotion control and 132.88 m2/day for shotcrete method. The cost for the erotion control method is greater than the shotcrete method, but on the other hand, it provides a greater profit for the company. Keywords: Slope protection, Leuwikeris Dam, Shotcrete, Erotion Control, Cost
Perancangan dan fabrikasi test stand wheel boogie pada workshop garbarata pt bukaka teknik utama M Agus Mandala Putra; Agus Suprihanto; Yoyok Budi Pramono
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 5 (2023): JPII: Bidang Teknik
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.18297

Abstract

Authority of India mengharuskan lebih dari 50% bagian unit diproduksi di negara India. Diputuskan 1 dari 4 bagian garbarata yaitu tunnel yang merupakan bagian utama garbarata akan diproduksi di India. 3 bagian garbarata lainnya yaitu rotunda, lift column, wheel boogie akan diproduksi di Indonesia. Namun keadaan ini menghadirkan kendala uji performa unit garbarata akan dilakukan perbahagian, terutama bagian wheel boogie yang tidak bisa diuji tanpa tunnel. Solusi yang dihadirkan untuk masalah tersebut adalah dengan mengadakan alat test stand wheel boogie. Upaya merealisasikan alat test stand yaitu praktik keilmuan mechanical engineering dengan menerapkan metode perancangan dan pendekatan lapangan. Pengamatan lapangan untuk pengumpulan data-data teknis sebagai input untuk mengawali perancangan diperoleh massa wheel boogie 600kg dan beban operasi 4ton. Beberapa kriteria alat yang harus dipenuhi salah satunya tidak dibolehkan terjadinya perpindahan posisi. Untuk memfasilitasi pergerakan roda tanpa perpindahan digunakan elemen mekanis roller yang disupport dengan bearing. Hasil perhitungan beban memperoleh spesifikasi bearing minimal 0,5kN. Data hasil perhitungan akan menjadi dasar penentuan pemilihan material dalam membuat fabrication drawing. Fabrication drawing diteruskan kepada tim fabrikasi untuk merealisasikan alat. Semua tahapan diakhiri dengan tes fungsi alat dengan cara menempatkan wheel boogie di atas test stand wheel boogie lalu dioperasikan.Kata kunci: garbarata; wheel boogie; test stand; perancangan; fabrication Abstract Design and fabrication of Test Stand Wheel Boogie for Garbarata’s workshop at PT Bukaka Teknik Utama. The contract for the procurement of 36 garbarata units between PT Bukaka Teknik Utama tbk and the Airports Authority of India requires that more than 50% of the unit parts be produced in India. It was decided that 1 of the 4 parts of the garbarata, namely the tunnel which is the main part of the garbarata, would be manufactured in India. The other 3 garbarata parts, the rotunda, lift column, wheel boogie, will be produced in Indonesia. This situation presents an obstacle to the performance test of the wheel boogie which cannot be tested without a tunnel. The solution presented is to hold a wheel boogie by the test stand. Realize the test stand by the scientific practice of mechanical engineering, applying design methods and field approaches. Field observations to collect technical data as input to start the design obtained a wheel boogie mass of 600 kg and an operating load of 4 tons. One of the tool criteria is not allowed to change position. To facilitate wheel movement without displacement, roller mechanical elements are used which are supported by bearings. The load calculation results obtain a minimum bearing specification of 0.5kN. The calculated data will be the basis for determining material selection in making fabrication drawings. Fabrication drawing is forwarded to the fabrication team to realize the tool. All stages ended with a function test of the tool by placing the boogie wheel on the boogie wheel test stand and then operating it.Keywords: garbarata; wheel boogie; test stand; perancangan; fabrication
Penggunaan Tepung Tapioka Sebagai Pengganti Bentonit Pada Lumpur Pemboran Berbahan Dasar Air Zulfikar Aji Kusworo; S Silviana; Thomas Triadi Putranto
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 2 (2022): JPII: Bidang Teknik Sipil
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2022.17259

Abstract

Fluida pemboran merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam keberhasilan dari operasi pemboran. Lumpur pemboran secara umum berfungsi antara lain sebagai pengangkat serbuk pemboran, menjaga serbuk pemboran tidak jatuh dan menumpuk saat sirkulasi berhenti, menjaga lubang bor dari intrusi fluida formasi, mengurangi friksi dan menjaga lubang bor dari keruntuhan. Sifat-sifat fisik dari lumpur pemboran antara lain adalah densitas, viskositas, gel strength, yield point, dan fluid loss. Bentonit merupakan salah satu material yang lazim dipakai sebagai campuran pada lumpur pemboran, akan tetapi sebagai bahan tambang, tentu saja penambangan bentonit sedikit banyak dapat mempengaruhi kondisi lingkungan yang ada. Tepung tapioka yang mengandung pati, memiliki kemampuan yang relatif sama dengan bentonit ketika diaplikasikan sebagai material campuran lumpur pemboran karena berfungsi sebagai viscosifier dan pencegah fluid loss. Diperlukan suatu analisis untuk mengenai kemampuan tepung tapioka sebagai substitusi bentonit berdasarkan parameter reologi lumpur pemboran. Dari hasil yang didapatkan, jika dibandingkan dengan rekomendasi spesifikasi dari API, lumpur pemboran berbahan dasar tepung tapioka dapat digunakan sebagai substitusi bentonit. Kata kunci: fluida pemboran, lumpur pemboran, densitas, viskositas, gel strength, yield point, fluid loss, bentonit, tepung tapioka, pati AbstractUtilization of Tapioca Starch as a Substitute for Bentonite in Water-Based Drilling Mud. Drilling fluid is one aspect that plays an important role in the success of the drilling operation. Drilling mud has functions as drilling cuttings transporter, keeping cuttings from falling and accumulate when circulation stops, protecting the borehole from formation fluid intrusion, reduce friction and prevents the borehole from collapse. The physical properties of the drilling mud include density, viscosity, gel strength, yield point, and fluid loss. Bentonite is one of the materials commonly used as a mixture in drilling mud, but as a mining material, can more or less affect environmental conditions. Tapioca flour which contains starch has relatively the same ability as bentonite when applied as a drilling mud, functioned as a viscosifier and prevents fluid loss. An analysis is needed to determine the ability of tapioca flour as a substitute for bentonite based on rheological parameters. From the results obtained, if compared to API recommended specification, drilling mud made from tapioca starch can be used as a substitute for bentonite. Keywords: drilling fluid, drilling mud, density, viscosity, gel strength, yield point, fluid loss, bentonite, tapioca flour, starch
Implementasi Etika Profesi dan K3L Pada Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Bendungan Jatibarang Wulandari, Dyah Ari; Hadiyanto, H; Rizal Isnanto, R
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 6 (2023): JPII
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.18534

Abstract

[Title: Implementation of Professional Ethics and HSE in Jatibarang Dam Operation and Maintenance Activities] Implementation of Dam Operation and Maintenance (OP) is very important to maintain dam safety and the sustainability of dam function. Operation and maintenance must be carried out in accordance with established procedures and a well-structured OP implementation program according to conditions of dam  and climate change. Dam Operation and Maintenance activities involve a lot of Engineering practice and need to pay attention to Health, and Environment (HSE). This study aims to determine the implementation of Professional Ethics and HSE in the operation and maintenance of the Jatibarang Dam. This research begins with conducting literature review and collecting secondary data. The collected data is then processed and the results are discussed and concluded. The operation and maintenance of the Jatibarang Dam includes operations, maintenance and monitoring activities, which must be planned and then held and reports its implementation. Dam operation is carried out by adjusting the water output of the reservoir. Dam maintenance is done to prevent damage or repair damage. While dam monitoring is carried out to find out symptoms of problems with the dam at an early stage. The implementation of professional ethics is manifested by managers in the form of responsibility, honesty, obedience, competence, teamwork and sustainable utilization. HSE has been implemented but managers have not fully implemented HSE Management System. HSE risk management which includes hazard identification, risk assessment and risk control has just been implemented for the dam safety. For The supporting work activities have not been carried out.
Penetapan Tarif Sewa Rumah Susun Pada Rumah Susun Sederhana Sewa Dukuh Menanggal Kota Surabaya) Hayadi Agus Mawardianto; Badrus Zaman; Thomas Triadi Putranto
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 5 (2023): JPII: Bidang Teknik
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.18029

Abstract

Tarif sewa yang ditetapkan pada sebuah rumah susun seharusnya dapat menutup biaya pengelolaan, tetapi Pemerintah Kota Surabaya harus memberikan subsidi untuk biaya pengelolaan Rusunawa karena tarif sewa yang telah ditetapkan tidak dapat menutup biaya pengelolaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tarif sewa yang harus ditetapkan pada Rusunawa Dukuh Menanggal berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022. Selain itu akan dilakukan perhitungan besaran subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk biaya pengelolaan Rusunawa tersebut. Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022, tarif sewa Rusunawa Dukuh Menanggal Blok A setiap bulan untuk Lantai 1 sebesar Rp. 468.000,-; Lantai 2 sebesar Rp. 421.000,-; Lantai 3 sebesar Rp. 374.000,-; Lantai 4 sebesar Rp. 304.000,-; dan Lantai 5 sebesar Rp. 211.000,-. Sedangkan tarif sewa Rusunawa Dukuh Menanggal Blok B setiap bulan untuk Lantai 1 sebesar Rp. 634.000,-; Lantai 2 sebesar Rp. 571.000,-; Lantai 3 sebesar Rp. 507.000,-; dan Lantai 4 sebesar Rp. 412.000,-. Besaran subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk biaya pengelolaan Rusunawa Dukuh Menanggal sebesar Rp. 1.300.305.288,- per tahun untuk Blok A dan Rp. 637.044.720,- per tahun untuk Blok B.Abstract [Title : Determination of Rental Rates on Rusunawa Dukuh Menanggal Surabaya)]. The rental rate set for flats should be able to cover management costs, but the Surabaya City Government must provide subsidies for the cost of managing the Rusunawa because the rental rate that has been set cannot cover management costs. The aim of the research is to find out the rental rates that must be set for the Rusunawa Dukuh Menanggal based on the Regulation of the Minister of Public Works and Public Housing of the Republic of Indonesia Number 7 of 2022. In addition, a calculation of the amount of subsidy given by the Surabaya City Government will be carried out for the costs of managing the Rusunawa. Whereas based on the Regulation of the Minister of Public Works and Public Housing of the Republic of Indonesia Number 7 of 2022, the monthly rental rate for Rusunawa Dukuh Menanggal Tower A for 1st floor of Rp. 468.000,-; 2nd floor of Rp. 421.000,-; 3rd floor of Rp. 374.000,-; 4th floor of Rp. 304.000,-; and 5th floor of Rp. 211.000,-. Meanwhile, the monthly rental rate for Rusunawa Dukuh Menanggal Tower B for 1st floor of Rp. 634.000,-; 2nd floor of Rp. 571.000,-; 3rd floor of Rp. 507.000,-; and 4th floor of Rp. 412.000,-. The amount of subsidy provided by the Surabaya City Government for the cost of managing the Rusunawa Dukuh Menanggal is Rp. 1.300.305.288,- every year for Tower A and Rp. 637.044.720,- every year for Tower B. Keywords : management; flats; Rusunawa; subsidy; rental rates.
Sistem Transportasi Penumpang Untuk Rute Yogyakarta – Bandara Yogyakarta International Airport Kulon Progo Hadi Yudariansyah; W Widayat; S Sulardjaka
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 1 (2022): JPII: Bidang Teknik Sipil
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2022.17199

Abstract

Pemilihan moda transportasi antara kereta api dan bus damri bagi penumpang rute Yogyakarta – Bandara International Airport menjadi pertimbangan dan alasan yang mendasari pelaku perjalanan dalam memilih moda transportasi pada rute yang sama. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk memperoleh karateristik pengguna moda kereta api dan bus Damri rute Kota Yogyakarta-Bandara Yogyakarta International Airport, menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan moda, mengetahui moda transportasi yang dipilih konsumen melalui model dan probabilitas pemilihan moda antara kereta api dan bus Damri pada rute yang ditinjau, serta mengetahui sensitivitas model dari respon pengguna terhadap perubahan dari salah satu atribut perjalanan yang mendukung utilitas pemilihan moda. Pengumpulan data dan informasi dari responden dilakukan melalui survei dan wawancara analisa dengan model pemilihan moda menggunakan logit binomial dan estimasi parameter model dengan analisa regresi. Dari hasil analisa diperoleh bahwa faktor-faktor pemilihan moda KA dan Bus Damri dengan faktor selisih biaya perjalanan, selisih waktu tempuh perjalanan, selisih waktu keterlambatan keberangkatan dan selisih waktu ke terminal /stasiun. Uji statistik secara signifikan menunjukan bahwa keempat faktor tersebut mempengaruhi responden dalam memilih moda. Analisa elastisitas menunjukkan nilai rata-rata selisih probabilitas pemilihan moda dengan kondisi saat ini diperoleh probabilitas kereta api (PKA) sebesar 70.09%, sedangkan variabel atribut perjalanan yang paling sensitif adalah keterlambatan keberangkatan. Dari analisis sensitivitas dapat diketahui bahwa semakin kecil selisih biaya perjalanan, waktu tempuh, waktu keterlambatan keberangkatan, dan waktu akses antara moda Kereta Api Bandara YIA dan Bus Damri, maka akan semakin memperbesar probabilitas memilih moda Kereta Api Bandara YIA. Kata kunci: kereta api, bus, pemilihan moda, biaya, waktu, akses Abstract The passenger transportation system on the Yogyakarta route – International Airport between train and Damri bus become a consideration and a reason for the passengers in selecting the transportation modes on the same route. The purpose of this  Journal is to obtain the characteristics of the train and bus users on Yogyakarta City route -Yogyakarta International Airport, to determine the factors that affect the consumers in selecting the transportation mode, to know what transportation mode that the consumers choose through the model and probability in selecting the modes between train and Damri bus on the route reviewed, as well as to find out the model sensitivity of the user's response to the change of one of the mode transportation’s attributes that supports the utility of the modes selection. The collecting of the data and the information from the respondents were done through the survey and the analysis interviewing with the model of the mode selection using binomial logit and the model of parameter estimation with regression analysis. The analysis results obtained the selection factors of train and Damri bus modes with the difference in travel cost, the difference in travel time, the difference in departure delay time and the time difference to terminal / station. Statistical test results found that these four factors significantly influenced respondents in choosing transportation modes. The results of the elasticity analysis with the average difference in probability of selection of modes with current conditions obtained a probability of train (PKA) of 70.09%, while from the results of sensitivity analysis can be seen that the most sensitive variable of travel attributes is the delay of departure. The results of sensitivity analysis found that the smaller the difference in travel costs, travel time, time of delay in departure, and the access time between the YIA Airport Train and Damri Bus modes, it will increase the probability of choosing the YIA Airport Train mode. Keywords: train, bus, mode selection, cost, time, access.
Manajemen Waktu Tahap Konstruksi Pekerjaan Struktur Pada Pembangunan Mall Living World Denpasar Bali Nismalia Fitriyani; Haryono Setyo Huboyo; Agung Nugroho
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 4 (2023): JPII
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.16765

Abstract

Pada pembangunan proyek gedung penerapan manajemen waktu sangat penting. Agar proyek berjalansesuai dengan waktu yang sudah direncanakan maka dilakukan manajemen waktu. Metode CPM dan PERT merupakan metode yang digunakan untuk manajemen waktu. Pada manajemen waktu dilakukan membuat jaringan kerja dan menentukan lintasan kritis sehingga mendapatkan durasi dari metode CPM dan PERT. Dari hasil metode CPM perhitungan durasi penyelesaian adalah 238 hari sedangkan menggunakan metode PERT sebanyak236,35 hari. Probabilitas keberhasilan proyek dengan durasi 238 hari sebesar 62,17%. Dengan menggunalan metode PERT probabilitas keberhasilan proyek sebesar 80%- 95,59% dibutuhkan durasi selama 245-250 hari. Pada saat proses pengawasan manajemen waktu dilakukan pengendalian jadwal. Dari hasil analisa kendala-kenadala manajemen waktu yang dilakukan selama periode 23-38 yang terbanyak adalah kendala dari pekerja atau manpower yaitu sebanyak 22%
ANALISIS STRUKTUR BANGUNAN APARTEMEN 10 LANTAI MENGGUNAKAN SOFTWARE SANSPRO V.5.20 Meiborn Canossa Simanjuntak; Widayat Widayat; Abdul Syakur
Jurnal Profesi Insinyur Indonesia Vol 1, No 5 (2023): JPII: Bidang Teknik
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/jpii.2023.18283

Abstract

AbstrakPenelitian ini membahas tentang analisis struktur beton bertulang suatu bangunan apartemen, bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang keandalan struktur dari bangunan yang ditinjau. Obyek penelitian berada di Cikarang Selatan. Survei lapangan dilakukan untuk mengamati secara visual kondisi aktual dari struktur bangunan apartemen. Pengujian tanpa merusak dilakukan untuk mengetahui mutu beton dan konfigurasi tulangan beton yang terpasang didalam elemen struktur. Dari data hasil pengujian tanpa merusak, bangunan apartemen yang ditinjau dibuatkan kedalam bentuk 3-Dimensi dan dilakukan analisis struktur dengan menggunakan software SANSPRO V.5.20 diterapkan persyaratan seismik yang saat ini berlaku untuk mengevaluasi tingkat kapasitas dari elemen struktur bangunan apartemen. Hasil Analisis strukur menunjukkan nilai drift lantai minimum sebesar 1.777 mm dan nilai drift maksimum sebesar 7.319 mm arah X belum memenuhi batas drift izin sebesar 6.154 mm dan nilai drift lantai minimum sebesar 1.334 mm dan nilai drift maksimum sebesar 5.058 mm arah Y masih memenuhi batas drift  izin sebesar 6.154 mm dan telah memenuhi persyaratan yang berlaku. Kata kunci: pengujian tanpa merusak, analisis struktur, perkuatan struktur Abstract This study discusses the analysis of reinforced concrete structures of an apartment building, aiming to obtain information about the reliability of the structure of the buildings reviewed. The object of research is in South Cikarang. Site surveys are conducted to visually observe the actual condition of apartment building structures. Non-destructive testing is carried out to determine the quality of concrete and the configuration of concrete reinforcement installed in structural elements. From the data from the test results without damage, the apartment buildings reviewed were made into 3-dimensional form, and structural analysis was carried out using SANSPRO V.5.20 software applied seismic requirements that are currently applicable to evaluate the level of capacity of apartment building structural elements. The results of the structural analysis show that the minimum floor drift value of 1.777 mm and the maximum drift value of 7.319 mm in the X direction have not met the permit drift limit of 6.154 mm and the minimum floor drift value of 1.334 mm and the maximum drift value of 5.058 mm in the Y direction still meet the permit drift limit of 6.154 mm and have met the applicable requirements. Keywords:  non-destructive testing, structural analysis, structural reinforcement

Page 1 of 13 | Total Record : 122