Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui media pelajaran lepas pada mata pelajaran seni budaya dan kerajinan. Responden penelitian ini berjumlah 23 siswa kelas 1 SDN 22 kota Ternate. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan model siklus spiral dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari; (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi, serta berhasil dalam dua siklus. Data skor kreativitas siswa dikumpulkan dari observasi dan hasil kerja siswa yang telah dilakukan pada siswa dan akhir siklus. Data skor peningkatan kreativitas siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada nilai rata-rata pra tindakan (pre-test) (= 59%), siklus I (= 65 %), dan siklus II (= 90 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) persentase kreativitas siswa pada mata pelajaran seni budaya dan kerajinan pada pra hingga akhir siklus I hingga II meningkat sebesar 31%, (2) guru harus dipilih untuk memilih tema pada kegiatan pembelajaran dengan siswa, (3) media yang lepas harus variatif, (4) memberikan kesempatan belajar secara individu, (5) guru harus memberikan umpan balik dan apresiasi terhadap hasil karya siswa.
Copyrights © 2024