Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Role Playing dapat Meningkatkan Keterampilan berbicara pada kelas V SDN BINTAU. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti dengan upaya meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN BINTAU dengan jumlah siswa 25 orang, murid laki-laki 13 orang dan murid perempuan 12 orang. Waktu pelaksanaan penelitian ini di laksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. keterampilan berbicara dan aktivitas belajar murid kelas V SDN BINTAU mengalami peningkatan. peningkatan Pada siklus I, dari 3 (27%) murid menjadi pada siklus II sebanyak 11 (100%) Hal tersebut terlihat dari murid yang hadir, bertanya, menjawab pertanyaan semakin bertambah, murid semakin aktif menyelesaikan tugas, dan murid yang melakukan kegiatan lain pada saat pembelajaran semakin berkurang. Keseluruhan dari hasil analisis kuantitatif dan deskriptif dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran role playing dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran di kelas V SDN BINTAU
Copyrights © 2024