Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 10 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Menulis Puisi Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Tataaran

Merentek, Risal M. (Unknown)
Mokoginta, Pahrisa (Unknown)
Monigir, Non Norma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan Literasi menulis puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Quasi Experimental Design pada siswa kelas 5 SD Negeri 2 Tataaran. Dari hasil analisis data yang dilakukan diketahui t hitung > t tabel, yaitu Thitung 5,275916424 > Ttabel 1,677224196 dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis siswa dengan penggunaan Model Project Based Learning di kelas 5 Mengalami peningkatan 88% setelah penerapan penggunaan Project Based Learning dengan kesimpulan terdapat pengaruh terhadap hasil kemampuan menulis siswa melalui hasil test dengan menggunakan Project Based Learning, jadi terdapat pengaruh pada kemampuan menulis siswa dengan menggunakan Project Based Learning setelah dilakukan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis siswa meningkat setelah diterapkan penggunaan Model pembelajaran Project Based Learning pada proses menulis puisi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...