Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas I SD GMIM I Kiawa melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah- langkah : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD GMIM 1 KIAWA. Waktu penelitian di laksanakan pada semester II tahun pembelajaran 2023/2024.. Data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah melalui catatan observasi dan hasil evaluasi yang dilakukan sejak awal penelitian sampai dengan siklus II bersama dengan mitra kolaborasi/ Guru kelas. Teknik analisis data menggunakan rumus KB= T/Tt × 100%. Hasil yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu hanya mencapai 66,66 % sedangkan pada siklus meningkat mencapai 90%. Kemampuan dan peningkatan yang terjadi selama II siklus menunjukkan bahwa melalui pelaksanaan penelitian tindakan dengan menggunakan model Problem based learning (PBL) pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang Mengenali dan menguasai kosakata terkait dengan topik kebersihan, menunjukkan keberhasilan yang memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif atau mampu meningkatkan kemampuan membaca kelas I SD GMIM 1 Kiawa.
Copyrights © 2024