Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPS dengan Penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Teupin Raya Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Untuk mencapai hasil sesuai dengan apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakanya dengan II (dua) siklus. Setiap siklus sebanyak 2 (dua) kali pertemuan selama lebih kurang 4 (empat) bulan. Dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas tersebut, terdapat peningkatan hasil belajar IPS yaitu pada tindakan Siklus I nilai rata-rata 63,88 dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,21 jika dilihat dari nilai rata-rata maka ada peningkatan 11 poin. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, melalui Penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Teupin Raya.
Copyrights © 2023