Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengeatahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran siswa TK. Penelitian tersebut dilakukan di Sekolah TK Pembina 31 Kota Tidore Kepulauan. Subjek dari penelitian ini adalah guru-guru TK Pembina 31 Tikep yang berjumlah 3 orang. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kesulitan dalam pembelajaran sehingga upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran adalah mengulang kembali apa yang diajarkan seperti Memperkenalkan warna dengan cara menyajikan balok yang berwarna warni, Dengan balok juga dapat memperkenalkan bentuknya, Memperkenalkan angka dan huruf dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, Mengajarkan anak menyanyi disetiap kali pertemuan, Mengajarkan huruf hijaiyah untuk melatih pengetahuan agama anak, Mengajarkan anak mengenal benda-benda di sekitar melalui objek langsung maupun visual gambar, Mengajarkan membaca doa di setiap awal maupun akhir pembelajaran dan doa-doa serta ayat pendek lainnya.
Copyrights © 2024