Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar kemampuan operasi hitung Campuran pada siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil obeservasi dan wawancara terhadap beberapa siswa menunjukkan bahwa mereka lebih tertarik mengerjakan pertanyaan pada Quizizz daripada pertanyaan dalam buku teks atau lembar soal. Siswa merasa seolah sedang bermain ketika mengerjakan soal dalam Quizizz. Hal ini memunculkan suatu permasalahan dalam pembelajaran. Penggunaan Quizizz dalam pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk menciptakan hal yang menyenangkan dalam pembelajaran, tetapi juga diharapkan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan desain Nonequaivalent Control Group yang didalamnya terdapat quasi eksperiment. Penelitian ini dilakukan melalui kelas eksperimen dan control. Penelitin ini menggunakan teknik Random Sampling. Setiap anggota populasi memiliki kesempatan untuk dipilih menjadi sampel. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI A yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VI B berjumlah 25 orang sebagai kelas control di SDIT AL FATH Kec. Cibitung Kab. Bekasi. Berdasarkan Uji T nilai posttest pada bagian Equal variances assumed diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-test dapat disimpulakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan skor nilai pada metode Game Based Learning Quizziz dan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kemampuan operasi hitung campuran siswa kelas VI SD, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Game Based Learning Quizizz memiliki signifikansi yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan Uji N-Gain maka hasil belajar kemampuan Operasi Hitung Campuran menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest hasil belajar kemampuan operasi hitung campuran siswa kelas VI SD sebelum dilaksanakan pembelajaran oleh pada kelompok eksperimen adalah 47,80, selanjutnya meningkat pada postest dengan rata-rata 78,70. Lebih lanjut rata-rata N-gain yaitu sebesar 60,68% dan berkategori sedang.
Copyrights © 2024