Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 15, No 2 (2023): JURNAL ARABIA

Pengaruh Metode PQ4R terhadap Peningkatan Maharah Qira'ah di Madrasah Ibtidaiyah

Zam Ani, Ahmad Faisal (Unknown)
Rifqi, Arina Fadlilatar (Unknown)
Muslih, Muslih (Unknown)
Huda, Hisbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah siswa dalam pelajaran Bahasa Arab yang menandakan perlunya pembaharuan dalam proses pengajaran. Penilitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui maharah qira’ah siswa kelas V sebelum menerapkan metode PQ4R di MINU Tratee Putera Gresik, (2) Mengetahui pengaruh metode PQ4R terhadap peningkatan maharah qira’ah siswa di MINU Tratee Putera Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian mencakup siswa kelas V ICP dan Tahfidz di MINU Tratee Putera Gresik, dengan total 70 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes pemahaman membaca, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan (pretest), siswa memiliki nilai rata-rata maharah qira’ah pada kelas eksperimen sebesar 68,63 dan pada kelas kontrol sebesar 68,69, sedangkan setelah menerapkan metode PQ4R, nilai rata-rata meningkat menjadi 86,09 pada kelas eksperimen. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa metode PQ4R secara signifikan mempengaruhi peningkatan maharah qira’ah siswa.

Copyrights © 2023