Abstrak – Pendidikan merupakan sistematisasi untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, etika, dan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Fokusnya adalah mendukung individu agar dapat menggali potensi penuh, berpartisipasi dalam kehidupan sosial, dan meningkatkan kualitas hidup. Media pembelajaran, khususnya game edukasi, menjadi komponen penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa. Penelitian ini menerapkan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan metode observasi, pelatihan, pengarahan, dan evaluasi bersama. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta, khususnya dalam merancang dan menerapkan media pembelajaran game edukasi online, terlihat signifikan. Pelatihan juga memperkuat kreativitas peserta, pemahaman tentang pembelajaran kontekstual, dan evaluasi dampak positif terhadap kemampuan pengajaran mereka. Hasil kegiatan mencakup peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, peningkatan kreativitas dalam merancang materi pembelajaran, serta pemahaman tentang pembelajaran kontekstual. Evaluasi dampak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kompetensi peserta dalam menggunakan media pembelajaran game edukasi online. Penerapan dalam konteks pembelajaran dan kolaborasi antar peserta juga menjadi aspek penting dalam hasil kegiatan ini. Rencana tindak lanjut setelah pelatihan membantu peserta dan instruktur merencanakan langkah-langkah berikutnya untuk mengintegrasikan pembelajaran ke dalam praktik sehari-hari di lingkungan pembelajaran mereka. Kesimpulannya, pemanfaatan media pembelajaran game edukasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa, serta menjadi solusi inovatif dalam pengembangan metode pembelajaran modern.Kata kunci: Pendidikan, Media, Game Online
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023