Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng

Pane, Januaris (Unknown)
Manalu, Andriono (Unknown)
Sijabat, Marcellina Katarina (Unknown)
Sitinjak, Erni Kusrini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng . Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan teknik simple random sampling. hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 41,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,94. Perhitungan uji t diperoleh thitung = 0,81 < ttabel = 2,0012 pada taraf signifikan ? = 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan awal peserta didik. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,30  sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 67,58. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan).hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,95 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikan ? = 0,05. hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan hasil Y = 6,23+ 0,95X. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2019/2020. Dimana besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 19,55%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...