Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Pembelajaran IPA Di SMPN Satap 7 Ende

Daud, Maimunah H. (Unknown)
Mete, Yuliana Yenita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

Example Non Example bagi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA Terpadu materi Struktur daun di SMP SATAP Negeri 7 Ende (2) bagaimanakah hasil belajar peserta didik kelas VII dalam pembelajaran IPA terpadu setelah menggunakan model pembelajaran Example Non Example di SMPN SATAP Negeri 7 Ende?. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dimana data kualitatif dikumpulkan dan dianalisis kemudian pengolahan data kuantitatif dengan berdasarkan masalah atau hasil kualitatif, dan terakhir diinterpretasikan berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif. Setelah dilakukan analisis dan pengolahan data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN SATAP Negeri 7 Ende. Hal tersebut dapat dilihat dari pertemuan pada siklus I rata-rata 66 dan ketuntasan belajarnya hanya 70%, sedangkan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 71 dan mencapai 100% .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...