RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 1 (2024)

MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DI SMKS MERAH PUTIH

Putrie, Chientya Annisa Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ikhwan, Ikhwan (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Ahmad, Eeng (Universitas Pendidikan Indonesia)
Disman, Disman (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pengujian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan pembelajaran siswa pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya pada materi peluang usaha bernilai bisnis dengan melaksanakan model pembelajaran pembelajaran rotating trio exchange di SMKS Merah Putih Bekasi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek pengujian ini adalah siswa kelas X SMKS Merah Putih yang berjumlah 33 siswa. Sumber informasi berasal dari mahasiswa. Prosedur pengumpulan informasi yang digunakan adalah a) persepsi, b) wawancara, c) dokumentasi, d) tes. Keabsahan informasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik ujiannya meliputi empat tahap, yaitu a) penyusunan, b) kegiatan, c) persepsi, d) refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar persepsi pengalaman berkembang, catatan lapangan, pertemuan, dokumentasi, dan soal tes. Hasil pengujian di SMKS Merah Putih menunjukkan bahwa pemanfaatan pembelajaran rotating trio exchange telah berhasil dalam mengembangkan lebih lanjut hasil belajar bisnis siswa kelas X di SMKS Merah Putih Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan perolehan nilai normal siswa dari 76,6 pada siklus I menjadi 88,93 pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar giat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran turning triplet trade (RTE).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...