Pengujian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan pembelajaran siswa pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya pada materi peluang usaha bernilai bisnis dengan melaksanakan model pembelajaran pembelajaran rotating trio exchange di SMKS Merah Putih Bekasi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek pengujian ini adalah siswa kelas X SMKS Merah Putih yang berjumlah 33 siswa. Sumber informasi berasal dari mahasiswa. Prosedur pengumpulan informasi yang digunakan adalah a) persepsi, b) wawancara, c) dokumentasi, d) tes. Keabsahan informasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik ujiannya meliputi empat tahap, yaitu a) penyusunan, b) kegiatan, c) persepsi, d) refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar persepsi pengalaman berkembang, catatan lapangan, pertemuan, dokumentasi, dan soal tes. Hasil pengujian di SMKS Merah Putih menunjukkan bahwa pemanfaatan pembelajaran rotating trio exchange telah berhasil dalam mengembangkan lebih lanjut hasil belajar bisnis siswa kelas X di SMKS Merah Putih Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan perolehan nilai normal siswa dari 76,6 pada siklus I menjadi 88,93 pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar giat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran turning triplet trade (RTE).
Copyrights © 2024