Untuk mengetahui seberapa besar hubungan kapasitas seorang guru PAI dalam analisis kurikulum dalam menciptakan pembelajaran dengan sampel sebanyak 20 peserta dari populasi 20 orang pengajar Pendidikan Agama Islam menjadi tujuan penelitian ini. Kuesioner skala Likert berfungsi sebagai alat penelitian. Setelah itu digunakan metode analisis korelasi product moment dasar untuk mengolahnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara desain pembelajaran PAI dengan kapasitas pengajar PAI dalam mengkaji kurikulum. Nilai korelasi sebesar 0,772 menunjukkan hal tersebut. Dengan demikian, derajat korelasi kapasitas guru PAI dalam mengevaluasi kurikulum dengan desain pembelajaran dalam penelitian ini adalah sebesar 62%; persentase sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam analisis. Penelitian ini berimplikasi pada upaya peningkatan kapasitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menganalisis kurikulum. Hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan pelatihan yang materi pelajarannya dikaitkan dengan kajian permasalahan yang dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam mengajar, sehingga pengetahuan keilmuan pendidikan mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih bermakna terhadap upaya peningkatan pembelajaran.
Copyrights © 2024