Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: Penerapan dzikir khofi pada pembelajaran anak, Persepsi anak terhadap implementasi Praktek Zikir Khofi dalam Pembelajaran PAI dengan kaitannya pada Ketenangan Jiwa, persepsi anak terhadap Implementasi Praktek Zikir Khofi dalam Pembelajaran PAI dengan kaitannya pada Konsentrasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa; 1) Penerapan Dzikir Khofi pada pembelajaran anak memiliki beberapa tahapan dengan catatan semua tahapan dilakukan didalam hati pertama membaca basmalah, kedua, Membaca Al-Fatiha 1x ketiga, membaca Al-Ikhlas 3x, dan menyebut Allah-Allah Sebanyak banyaknya selama 15 menit, dan terakhir mengucapkan Alhamdulillah sebagai tanda selesailah Dzikir Khofi; 2) Persepsi anak terhadap implementasi zikir khofi dalam pembelajaran kaitannya dengan ketenangan jiwa adalah Dzikir khofi dan ketenangan jiwa mempunyai kaitan yang cukup baik karena dengan implementasi Dzikir khofi, hati dan jiwa anak lebih merasakan ketenangan dalam kegiatan pembelajaran; 3) Persepsi anak terhadap pelaksanaan dzikir khofi dalam pembelajaran mempunyai kaitan yang cukup baik dengan konsentrasi belajar anak dikarenakan dengan mengikuti implementasi dzikir khofi ini anak merasakan konsentrasinya menjadi lebih baik dan lebih fokus serta mudah menghafal pelajaran.
Copyrights © 2024