Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat program tahfizh al-qur’an di MIS Nurul Fadhilah. Observasi, wawancara, dan dokumentasi di anggap sebagai metode dalam mengumpulkan data. Sedangkan metode analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa untuk mencapai sebuah program ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu: Pertama, Perencanaan sebuah program tahfizh al-qur’an: menetapkan program tahfizh al-qur’an, menentukan indicator keberhasilan tahfizh al-qur’an, menetapkan penanggung jawab program tahfizh al-qur’an, dan menyusun kegiatan dan jadwal kegiatan program tahfizh al-qur’an. Kedua, Pelaksanaan program tahfiz al-Qur’an: kegiatan menghafal al-qur’an, kegiatan menyetor hafalan al-Qur’an dan kegiatan muraja’ah hafalan al-qur’an. Ketiga, factor pendukung dan penghambat program tahfizh al-qur’an. Faktor pendukung meliputi: fisik dan psikis yang baik, dukungan penuh dari yayasan, perhatian guru, piagam atau reward, motivasi, dan usia. Faktor penghambat meliputi: tidak menguasai makharijul huruf dan ilmu tajwid, tidak mengulang hafalan, terbatasnya alokasi waktu kegiatan belajar mengajar tahfizh al-qur’an, tingkat kecerdasan, lingkungan pergaulan, dan kurang dapat mengatur waktu.
Copyrights © 2024