RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 1 (2024)

ANALISIS PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DI MIS NURUL FADHILAH

Rinjani, Wahyu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Salminawati, Salminawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Lubis, Mara Samin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat program tahfizh al-qur’an di MIS Nurul Fadhilah. Observasi, wawancara, dan dokumentasi di anggap sebagai metode dalam mengumpulkan data. Sedangkan metode analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa untuk mencapai sebuah program ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu: Pertama, Perencanaan sebuah program tahfizh al-qur’an: menetapkan program tahfizh al-qur’an, menentukan indicator keberhasilan tahfizh al-qur’an, menetapkan penanggung jawab program tahfizh al-qur’an, dan menyusun kegiatan dan jadwal kegiatan program tahfizh al-qur’an. Kedua, Pelaksanaan program tahfiz al-Qur’an: kegiatan menghafal al-qur’an, kegiatan menyetor hafalan al-Qur’an dan kegiatan muraja’ah hafalan al-qur’an. Ketiga, factor pendukung dan penghambat program tahfizh al-qur’an. Faktor pendukung meliputi: fisik dan psikis yang baik, dukungan penuh dari yayasan, perhatian guru, piagam atau reward, motivasi, dan usia. Faktor penghambat meliputi: tidak menguasai makharijul huruf dan ilmu tajwid, tidak mengulang hafalan, terbatasnya alokasi waktu kegiatan belajar mengajar tahfizh al-qur’an, tingkat kecerdasan, lingkungan pergaulan, dan kurang dapat mengatur waktu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...