Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGRI 38 BENGKULU SELATAN

Irama, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Anak yang berpestasi dan mandiri adalah harapan setiap oarang tua, dan bisa dipastikan bahwa dengan kemandirian yang mantap, yang ditanamkan sejak dini, akan memberi bekal kepada anak itu untuk menjalani kehidupan dengan penuh optimis dan lebih membuka peluang merai kesuksesan.Namun dalam kenyataan yang banyak terjadi, bahwa kemandirian anak baik di rumah maupun di sekolah seringkali diabaikan, baik oleh orang tua maupun gurunya. Adapun Permasalahan: (1) Bagaimana Kemandirian Menurut Konsep Pendidikan Islam di SD Negeri 38 Bengkulu Selatan ?; (2) Bagaimana Menumbuhkan Kemandirian Siswa Menurut Konsep Pendidikan Islam di SD Negeri 38 Bengkulu Selatan ? selanjutnya dapat ditarik Kesimpulan: Kemandirian yang ada di SD Negeri 38 Bengkulu Selatan Menurut Konsep Pendidikan Islam belum begitu tumbuh dan masih membutuhkan bimbingan dan pembinaan terhadap siswa-siswanya, Upaya menumbuhkan kemandirian anak dalam konsep pendidikan Islam adalah dengan melakukan pembinaan terhadap aspek-aspek kemandirian tersebut yang dimiliki anak sehingga aspek tersebut dapat tumbuh dan berkembang, pembinaan terhadap aspek-aspek tersebut bisa menggunakan beberapa metode, antara lain : a) adanya usaha sendiri dengan tidak bergantung pada orang lain dan hanya bergantung pada Allah SWT, b) Syaja’ah (keberanian), c) Tawakal, d) Kedisiplinan kerja, e) Kebebasan, f) Semangat kerja, g) Muhasabah (perhitungan-perhitungan).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Education Policy, Learning ...