Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipentingnya diversifikasi konsentris dan horizontal dalammeningkatkan keputusan pembelian konsumen yang dapatmedorong naiknya jumlah angka penjualan produk padaPT. Propan Raya ICC Medan. Penentuan jumlah sampelmenggunakan metode Total Sampling yang menentukansampel sebanyak 83 seorang konsumen yang pernahmembeli lebih dari satu jenis produk pada PT. PropanRaya ICC Medan. Adapun teknik pengumpulan data yangdipergunakan dalam penelitian ini melalui observasi,wawancara, kuesioner / angket, sedangkan teknik analisisdata dalam penelitian ini dengan teknik analisis regresilinear berganda, uji t, uji F dan uji Determinasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa variabel diversifikasi konsentris memiliki nilai t hitung > t tabel sebesar 2,267 >1,991 berarti diversifikasi konsentris berpengaruh positifsignifikan terhadap keputusan pembelian (Y) PT.PropanRaya ICC Medan. Variabel diversifikasi horizontalmemiliki nilai thitung > ttabel sebesar 6,242 > 1,991berarti diversifikasi horizontal berpengaruh positifsignifikan terhadap keputusan pembelian (Y) di PT.Propan Raya ICC Medan. Berdasarkan hasil koefisien regresidengan menggunakan Uji F, dapat dilihat bahwa nilai F hitung > Ftabel sebesar 44,436>3,11 berarti diversifikasikonsentris dan diversifikasi horizontal secara simultanberpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di PT.Propan Raya ICC Medan.
Copyrights © 2023