Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 5 No 2 (2023): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

KORELASI MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AN NUR BANJAREJO

Reza, Achmad (Unknown)
Mahendra, Sena (Unknown)
Fatra, Fahmy (Unknown)
Budiyanto, Budiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo, (2) untuk mengetahui korelasi antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo, (3) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo. Penelitian ini dilakukan pada mei 2022 sampai dengan juni 2022 dengan populasi 60 peserta didik, teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh atau penelitian populasi. Jenis penelitian ini adalah korelasional dan digolongkan penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner atau angket dan teknik dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh dari korelasi product moment. Reliabilitas soal diperoleh dengan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan analisis korelasi parsial yang sebelumnya dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) ada korelasi positif signifikan antara motivasi belajar (X1) terhadap prestasi belajar kelistrikan otomotif (Y) pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo; (2) ada korelasi positif signifikan antara lingkungan belajar (X2) terhadap prestasi belajar kelistrian otomotif (Y) pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo; (3) ada korelasi positif signifikan antara motivasi belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) bersama-sama terhadap prestasi belajar kelistrikan otomotif (Y) pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo. Kata kunci: Motivasi belajar, Lingkungan belajar, Hasil belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...