Islamic Economics And Finance Journal
Vol 2 No 1 (2023): ISECO

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA UNTUK MEMILIH PRODUK KSPPS AL-HASANAH DESA ENTALSEWU SIDOARJO

Hakim, Lukman (Unknown)
Hamdan, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Banyaknya pertumbuhan lembaga keuangan di masyarakat menjadikan persaingan yang ketat terhadap jasa keuangan yang diperlukan masyarakat. Terjadinya persaingan yang ketat koperasi syariah harus menyusun strategi yang efektif agar menumbuhkan minat masyarakat dan kepercayaan akan jasa keuangan di masyarakat strategi promosi merupakan strategi yang penting dalam pengenalan produk koperasi syariah agar dapat dikenal oleh masyarakat. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (mengamati kegiatan KSPPS Al-hasanah), wawancara (pengurus dan pengawas) dan dokumentasi (bukti pendukung yang di dapatkan di lapangan). Hasil penelitian menunjukan bahwa simpanan pokok, simpanan wajib, wadiah, wakaf, pembiayaan Ijarah multijasa dan murabahah telah sesuai dengan tuntunan fatwah DSN dan ekonomi islam dan pada pelaksanaanya tidak mengandung maisyir, gharar, haram, riba dan sebagainya. Strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS Al-hasanah Entalsewu dalam meningkatkan minat anggota terhadap produknya strategi pemasaran konsep 7P (Produk, Promosi, Harga, Tempat, Proses, Orang, dan faktor pendukung) yang mana pada promosi sosialisasi dan edukasi berefektif terhadap peningkatan anggota yang mayoritas kurang akan pemahaman koperasi syariah dan produknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ISECO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

ISECO Journal is a scientific journal in the field of economics and Islamic economics. This journal is published by the Islamic Economics Study Program (ES) of STAI Muafi Sampang. Published manuscripts are in the form of scientific papers related to: 1) Scientific research in the fields of ...