Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Seni dan Reka Rancang : Jurnal Ilmiah Magister Desain

ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL DESAIN MASKOT KOTA MAKASSAR

Miftahul Jannah At Tabrani (Unknown)
Elda Franzia Jasjfi (Unknown)
Acep Iwan Saidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

An effective mascot is one that can depict a city, its philosophy, convey its vision and mission, and become a part of its public. In 2005, the Makassar City Government introduced the Si Jago mascot in its city branding. This research aims to analyse the design of the Makassar City mascot using Charles Sanders Peirce's semiotics approach with the concept of the meaning triangle, in which a sign is formed by the triangular relationship between the representamen related to the selected object, ultimately resulting in an interpretant. The analysis was conducted on the Si Jago mascot using a qualitative method. The results of this study conclude that the visualisation of the Si Jago mascot, which is a representamen, has iconic, symbolic, and indexical presence. Si Jago mascot becomes a great and distinctive identity of the local culture so that it can be a means of introducing Makassar City to a wider audience so that the culture of Makassar City can be widely known. Keywords : Mascot, Peirce’s Semiotics, Makassar City Maskot yang efektif adalah maskot yang mampu menggambarkan sebuah kota, filosofi, membawa gambaran visi dan misi, serta mampu menjadi bagian dari dari publik itu sendiri. Di tahun 2005, Pemerintah Kota Makassar menghadirkan maskot Si Jago pada city brandingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam desain maskot Kota Makassar menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dengan konsep segitiga makna, di mana tanda dibentuk oleh hubungan segitiga antara representamen berhubungan dengan objek yang dipilih, pada akhirnya akan menghasilkan interpretan. Analisis dilakukan terhadap maskot Si Jago menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa visualisasi maskot Si Jago yang merupakan representamen yang kehadiran bersifat ikonik, simbolik dan indeksikal. Maskot Si Jago menjadi kehebatan dan penuh identitas ciri khas budaya setempat sehingga dapat menjadi wadah pengenalan Kota Makassar ke masyarakat lebih luas agar budaya Kota Makassar dapat diketahui secara umum. Kata Kunci : Maskot, Semiotika Pierce, Kota Makassar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsrr

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Seni dan Reka Rancang Jurnal Ilmiah Magister Desain Produk Universitas Trisakti terbit pertama terbit bulan Nopember 2018. Jurnal ini akan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan April dan Nopember oleh Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain ...