Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)
Vol 1 No 4 (2023): Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)

PEMBUATAN APLIKASI DEKSTOP MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN JAVA DENGAN DATABASE

Irwanto Sitorus (Unknown)
Ines Heidiani Ikasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pengembangan teknologi informasi telah secara signifikan memengaruhi pengelolaan data. Di masa lalu, pengolahan data dilakukan secara manual, menghadapi beberapa kendala seperti proses yang lambat, kesalahan input data, kesulitan dalam pencarian dan analisis data, serta kesulitan dalam menghasilkan laporan yang akurat. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan Java NetBeans dalam berbagai konteks, termasuk pelatihan pemrograman, pembangunan sistem penilaian, pengembangan aplikasi administrasi di sebuah instansi, dan pembuatan aplikasi digital school. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dalam pemrograman Java dan pengembangan aplikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan pemrograman Java dan pendekatan sistem informasi dapat memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan akurasi dalam konteks pendidikan dan berbagai instansi lainnya. Analisis juga menegaskan bahwa penggunaan teknologi pemrograman Java dan pendekatan berbasis sistem informasi memberikan solusi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi. Sistem yang dikembangkan dapat diintegrasikan dan ditingkatkan untuk menghadapi tantangan dan kebutuhan masa depan dalam bidang pendidikan dan administrasi militer. Dengan demikian, pengembangan sistem informasi berbasis Java memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan data serta proses penilaian pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biikma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...