Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12, No 1 (2024): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VII Mts Al-Washliyah Stabat

Nasution, Ikhwani Syifa Zahra (Unknown)
Marjanah, Marjanah (Unknown)
Nursamsu, Nursamsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Model Project Based Learning (PjBL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang merangsang partisipasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan secara lebih aktif selama proses pembelajaran. Kajian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh dan hasil belajar dari penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Metode yang diterapkan dalam riset ini merupakan metode eksperimental dengan menggunakan desain kajian kelompok kontrol Pretest- Posttest, Melibatkan dua kelompok sampel, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, kajian ini melibatkan sejumlah 30 siswa dalam kelompok eksperimen dan 30 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 pertanyaan. Rata-rata nilai kelas eksperimen mencapai 75,33, sedangkan kelas kontrol mencapai 59. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji t (α = 0,05) menunjukkan bahwa nilai Thit (5,3646) lebih besar daripada Ttab (2,0017). Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Project Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Ekosistem

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...