Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi model pembelajaran RADEC berbantuan video terhadap penguasaan konsep siswa pada materi perubahan wujud benda. 2) Penguasaan konsep siswa menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan video materi perubahan wujud benda. Penelitian menggunakan metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelasVA dan VB di SDN Panyingkiran II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran RADEC memiliki pengaruh terhadap partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Siswa mampu mengungkapkan jawaban, menyanggah, mengajukan pertanyaan, mencari solusi atas masalah, dan menghasilkan ide untuk produk yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. 2) Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC berbantuan video berpengaruh positif terhadap penguasaankonsep dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil penguasaan konsep pada kelompok menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan video memberikan hasil yang lebih optimal dibandingkan kelompok yang tidak menerapkan model pembelajaran RADEC berbantuan video pada materi perubahan wujud benda.
Copyrights © 2024