Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Vol 14, No 1 (2024): VOLUME 14 NOMOR 1 TAHUN 2024

The analysis of 21st century skills-based lesson plans for physical education in elementary schools

Prasetia, Adi (Unknown)
Warni, Herita (Unknown)
Mashud, Mashud (Unknown)
Fadillah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis kecakapan abad 21 di kabupaten Tapin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survey untuk melakukan dokumentasi dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK Sekolah Dasar di 12 kecamatan di kabupaten Tapin untuk di analisis menggunakan instrumen penilaian yang telah dibuat. Hasil Penelitian ini adalah secara keseluruhan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran mata PJOK berbasis kecakapan abad 21 di kabupaten Tapin menunjukkan dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 33,33%, kategori “baik” dengan persentase 33,33%, kategori “cukup” dengan persentase 16,67%, kategori “kurang” dengan persentase 16,67%, dan kategori “sangat kurang” dengan persentase 0%. Hasil tersebut didasari pada tidak semua rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat memuat komponen yang ada dalam instrumen penilaian. Akan tetapi, kecakapan abad 21 berupa 4C sudah diterapkan di rencana pelaksanaan pembelajaran dengan ditemukan dalam komponen kegiatan pembelajaran serta telah menggunakan pendekatan/metode/model pembelajaran yang mengarahkan implementasi kecakapan 4C serta HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maenpo

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Public Health Other

Description

Maenpo Journal is a Journal of Physical Education in Health and Recreation which is published online and this Journal is published 2 times / year in the period January-June and July-December p-ISSN (2089-2341). e-ISSN (2721-7175)is published by the Physical Education and Health Study Program, FKIP ...