Kemampuan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto masih rendah. Hal inidisebabkan karena kegiatan menulis merupakan suatu hal yang sulit dilakukan oleh pesertadidik di kelas tersebut. Mereka masih kesulitan menulis drama yang sesuai dengan struktur,unsur pembangun, dan kaidah kepenulisan yang tepat. Maka dari itu, tujuan penelitian iniyaitu untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdiferensiasi denganmenggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkanketerampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian inimenggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Subjek penelitian yaitu pesertadidik kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Objek penelitian yaitu hasil belajar keterampilanmenulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Hasil prasiklus, rata-rata kelas yaitu67,9 dengan presentase ketuntasan 25%. Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 82 yaitusebesar 14,1% dengan presentase ketuntasan 77,77%. Hasil siklus II rata-rata kelas jugameningkat menjadi 88,16 yaitu sebesar 6,16% dengan presentase ketuntasan 100%.Berdasarkan hasil tersebut, keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2Purwokerto dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakanmodel pembelajaran problem based learning
Copyrights © 2024