Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 9 No 1 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DRAMA KELAS XI-5 SMAN 2 PURWOKERTO

Nur Khabibah (Unknown)
Siti Fathonah (Unknown)
Setyanto Hery Purmandoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Kemampuan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto masih rendah. Hal inidisebabkan karena kegiatan menulis merupakan suatu hal yang sulit dilakukan oleh pesertadidik di kelas tersebut. Mereka masih kesulitan menulis drama yang sesuai dengan struktur,unsur pembangun, dan kaidah kepenulisan yang tepat. Maka dari itu, tujuan penelitian iniyaitu untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdiferensiasi denganmenggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkanketerampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian inimenggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Subjek penelitian yaitu pesertadidik kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Objek penelitian yaitu hasil belajar keterampilanmenulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Hasil prasiklus, rata-rata kelas yaitu67,9 dengan presentase ketuntasan 25%. Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 82 yaitusebesar 14,1% dengan presentase ketuntasan 77,77%. Hasil siklus II rata-rata kelas jugameningkat menjadi 88,16 yaitu sebesar 6,16% dengan presentase ketuntasan 100%.Berdasarkan hasil tersebut, keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2Purwokerto dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakanmodel pembelajaran problem based learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...