ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Saluran pemasaran pisang di Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah. 2) Peran tengkulak terhadap pemasaran pisang di Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Sampel diambil menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Terdapat tiga saluran pemasaran pisang di Desa Tobongjaya yaitu: Saluran Pemasaran I petani langsung menjual hasil panen pisang kepada konsumen, terutama agroindustri yang membutuhkan pisang sebagai bahan baku pengolahan. Saluran Pemasaran II Tengkulak menjual langsung ke konsumen akhir, memberi kontrol penuh atas harga jual pisang. Saluran pemasaran III melibatkan peran tengkulak sebagai perantara antara petani dan pedagang pengecer. Tengkulak membantu memfasilitasi proses penjualan dan distribusi produk dengan lebih efisien. 2) Tengkulak di Desa Tobongjaya memiliki empat peran utama yaitu pengumpul, pembeli, penghubung, dan pemasar. Peran tengkulak ini dianggap positif karena mereka tidak berfungsi sebagai kreditor atau pemilik modal. Penilaian positif terhadap peran tengkulak mendapat skor 520 dengan krieria "baik". Penilaian ini menunjukkan bahwa petani merasa puas dengan interaksi dan transaksi yang dilakukan tengkulak. Peran tengkulak di Desa Tobongjaya memberikan manfaat positif bagi petani, terutama dalam hal kemudahan proses pemasaran dan distribusi produk pertanian, Kata Kunci : Peran Tengkulak, Saluran Pemasaran, Petani, Pisang.
Copyrights © 2024