Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelamahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), merumuskan rekomendasi strategi pemasaran jamur tiram di Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada usaha jamur tiram putra panengah . Responden dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang karyawan yang di ambil secara sampel jenuh, dan konsumen jamur tiram sebanyak 5 orang diambil secara purposive. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT) Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatannya adalah kualitas produk baik, sudah memiliki label perusahaan, modal usaha baik, bisa diolah menjadi macam macam produk. Kelemahannya yaitu belum adanya pembukuan yang jelas, adakala terjadi gagal panen, sering kekurangan media tanam, promosi dan iklan masih belum maksimal. Faktor ekstrnal peluangnya adalah permintaan jamur tiram banyak, adanya pelanggan setia, daya beli masyarakat besar terhadap jamur tiram, semakin meningkatnya selera masyarakat terhadap jamur tiram. Ancamannya yaitu pengaruh pergantian musim/cuaca terhadap usaha jamur tiram, adanya persaingan antar petani/pasar. Rekomendasi strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan “putra panengah” dalam memasarkan jamur tiramnya ada 11 rekomendasi strategi yang dapat dijalankan sesuai kondisi perusahaan.
Copyrights © 2024