Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi terhadap tantangan kesulitan belajar bagi siswa yang berada di SMP Muhammadiyah 5 Ngoro melalui Media Scramble. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui siklus dengan setiap siklusnya berisikan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Jika ditelusuri lebih lanjut Media Pembelajaran Scramble , dapat meningkatkan pemahaman literasi pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Ngoro dengan ditunjukkan ketika Pra-tindakan skor rata-rata 60,66 dengan presentase kelulusan 0%, meningkat pada Siklus 1 skor rata-rata 64,11 dengan presentase kelulusan tetap diangka 0%. Setelah melalui proses evaluasi dilanjutkan siklus 2 mendapatkan skor rata-rata 74,66 dengan presentase kelulusan 55,56%, sebagaimana komitmen penulis diawal bahwasannya untuk minimal kelulusan adalah sebesar 77,78% dari jumlah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Ngoro maka siklus disempurnakan dan memberikan hasil skor rata-rata 81,56 dengan presentase kelulusan menjadi 100%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023