Keberadaan Covid-19 telah mempercepat proses transformasi digital dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di PPSDM Geominerba. Namun pelaksanaan transformasi digital pada pendidikan dan pelatihan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini belum mencapai titik optimal. Transformasi dibutuhkan selain sebagai dasar untuk bisa bertahan juga untuk pengembangan proses bisnis selanjutnya. Tujuan studi ini adalah melakukan analisis proses transformasi digital dalam pendidikan dan pelatihan di KESDM dimana yang menjadi studi kasus adalah pelaksanaan diklat di PPSDM Geominerba. Metode utama dalam studi adalah penelusuran pustaka dan wawancara dengan pengajar dan peserta diklat. Dalam studi ini ada lima hal yang dicoba untuk digali sebagai dasar transformasi digital yang ada yaitu kebijakan dan kurikulum, sistem managemen pembelajaran, infrastruktur pembelajaran dan ICT literacy. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa proses transformasi digital masih membutuhkan perbaikan-perbaikan agar mencapai hasil optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024