Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan

Hubungan Tanggung Jawab Belajar dengan Disiplin Siswa pada Mata Pelajaran Agama Buddha

Tiani, Tiani (Unknown)
Nyanasuryanadi, Partono (Unknown)
Prasetyo, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan suatu kemampuan dan pengetahuan siswa dalam prose belajar. Salah satunya adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan disiplin sisiwa pada saat mengikuti proses pembelajar di dalam kelas. Namun, dalam proses belajar masih ditemukan siswa yang belum memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin pada saat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar hubungan tanggung jawab belajar dengan disiplin siswa pada mata pelajaran agama Buddha. Jenis penelitian ini adalah mengunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dengan jumlah sisiwa 35 siswa dan analisis data menggunakan analisis regeresi berganda. Hasil dari analisis data tersebut bahwa ada hubungan yang signifikan anatara kedua variabel ditunjukkan dari hasil tanggung jawab belajar memperoleh rata rata 3,47, berdasarkan kategori tinggi dengan persentase 69%. Sedangkan disiplin siswa memperoleh rata- rata 3,39 berdasarkan kategori tinggi dengan persentase 68%. Sehingga dapet disimpulkan terdapat hubungan tanggung jawab belajar dengan didiplin siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...