Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan

A Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Untuk Mengembangkan Sikap Mandiri Peserta Didik Dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Bujanggadung Kota Cilegon

Hidayanti, Nurul (Unknown)
Hidayat, Sholeh (Unknown)
Hakim, Zerri Rahman (Unknown)
M Taufik, M Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan mengenai pemahaman kompetensi kepribadian guru, upaya dalam mengembangkan sikap mandri peserta didik,dampak dari upaya yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan yaitu berupa pendekatan kualitatif dengan sumber data yang di dapatkan dari guru kelas 1 dan 4. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dokumentasi kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh dari tiga hal penting yaitu Guru kelas IV SDN Bujanggadung sudah cukup baik dalam memahami konsep mengenai kompetensi kepribadian dalam mengembangkan sikap mandiri peserta didik dengan mengembangkan dari tiga aspek yaitu intrakulikuler yang di muat dalam mata pelajaran dan di capai melalui tujuan pembelajaran, ekstrakurikuler dari kegiatan pramuka dan budaya sekolah dari pembiasaan yang ada di sekolah seperti apel pagi untuk doa bersama, melaksanakan pembiasaan di kelas tanpa perintah guru dan sebagainya. Kemudian guru melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan sikap mandiri peserta didik dengan berperan sebagai teladan, pengajar, pembimbing, dan motivator. Semua dilakukan oleh guru dengan baik dengan menggunakan berbagai macam strategi yang dilakukan. Adapun dampak dari upaya yang dilakukan juga sudah cukup baik, peseta didik dapat mengembangkan kemandiriannya seperti mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, melaksanakan pembiasaan secara mandiri, mampu bertanya dan menjawab soal yang diberikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...